26 Jun 2016

RIYA

Assalamualaikum =)

Secara bahasa, riya’ berasal dari kata ru’yah (الرّؤية), maknanya penglihatan. Sehingga menurut bahasa arab hakikat riya’ adalah orang lain melihatnya tidak sesuai dengan hakikat sebenarnya.
.
Al Hafizh Ibnu Hajar menyatakan, “Riya’ ialah menampakkan ibadah dengan tujuan agar dilihat manusia, lalu mereka memuji pelaku amal tersebut.”
.
Pernahkah mendengar tentang sum’ah? Sum’ah berbeda dengan riya’, jika riya’ adalah menginginkan agar amal kita dilihat orang lain, maka sum’ah berarti kita ingin ibadah kita didengar orang lain. Ibnu Hajar menyatakan: “Adapun sum’ah sama dengan riya’. Akan tetapi ia berhubungan dengan indera pendengaran (telinga) sedangkan riya’ berkaitan dengan indera penglihatan (mata).”
.
Jadi, jika seorang beramal dengan tujuan ingin dilihat, misalnya membaguskan dan memperlama shalat karena ingin dilihat orang lain, maka inilah yang dinamakan riya’. Adapun jika beramal karena ingin didengar orang lain, seperti seseorang memperindah bacaan Al Qur’annya karena ingin disebut qari’, maka ini yang disebut sebagai sum’ah.


Ayat-ayat ni aku ambil dekat IG Teladan Rasul.
Bila aku baca statement ni aku terfikir dan aku terjumpa ni. Memang belambak kita jumpa macam ni kan. Adakah kita tergolong dalam orang macam ni. 



kalau dah rasa bersyukur sangat amek air sembahyang, amek sejadah buat sujud syukur. kan lagi bagus macam ni. Pahala pon dapat. Bukan nak kata aku jeles ke apa kadang tu rasa menyampah je baca. 

kbye
XD

No comments:

Post a Comment